Strategi yang Bisa Dicoba untuk Menjaga Kesehatan Mental

Hidup memang terkadang terasa berat. Tekanan dari pekerjaan, kehidupan rumah, dan semua di antaranya bisa menghampiri siapa saja dan pada akhirnya timbul stres. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa stres dan kewalahan adalah menjaga kesehatan mental. Di era modern seperti saat ini kesehatan mental menjadi aspek penting dalam kehidupan setiap individu. Kesehatan mental sangat penting bagi siapa pun sebagai kemampuan diri sendiri agar dapat mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari. Berikut beberapa tips yang bisa kamu implementasikan sebagai strategi untuk menjaga kesehatan mental agar terhindar dari perasaan emosi yang negatif.

 

Kelola Ekspetasi

Seringkali kita menyalahkan diri sendiri atas ekspektasi yang tak berjalan sesuai dengan harapan, hingga timbul kekecewaan. Kekecewaan ini menciptakan celah dalam pikiran kita, rasanya seperti merasa dikhianati, di-salah-pahami maupun disakiti. Lalu datanglah stres dan kecemasan yang menghantui pikiran. Seseorang mulai menyalahkan dan mulai mencari kesalahan, yang mana hal tersebut bukan tanggung jawab orang lain. Cobalah belajar untuk memaafkan karena ini menjadi sesuatu hal yang wajar saat manusia melakukan kesalahan baik disengaja atau tidak. Maka dari itu, penting bagi seseorang untuk mudah menerima realita dan memaafkan diri sendiri. Kesabaran adalah kunci, hal ini menjadi sebuah pelajaran penting saat kita menjalani hidup. 

 

Meditasi

Meditasi adalah metode melatih otak untuk fokus pada satu hal dan mengarahkan semua pikiran ke subjek yang kamu pikirkan. Selama beberapa dekade terakhir, popularitas meditasi telah tumbuh secara signifikan di masyarakat dari segala usia. Alasan utamanya adalah saat ini orang mulai menyadari bahwa meditasi memiliki manfaat baik untuk kesehatan fisik dan mental. Banyak orang menggunakan meditasi untuk berbagai alasan di antaranya ingin mengurangi stres. Beberapa di antaranya menggunakan meditasi untuk meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan pandangan hidup yang positif, dan memperbaiki kualitas tidur. Penelitian dari Journal Science Direct menyatakan bahwa, seseorang yang melakukan kegiatan meditasi dapat mengelola stres dengan lebih baik dibandingkan orang yang tidak melakukan meditasi.

 

 

Berpikir Positif

Bagaimana pikiran positif dan afirmasi mendukung kesehatan mental? Faktanya penting sekali untuk menyeimbangkan pikiran positif dan meminimalisir pikiran negatif pada saat dihadapi dengan situasi yang sulit. Pikiran positif dapat membantu kamu untuk meningkatkan kesehatan mental. Ada teori yang mengatakan bahwa memiliki pikiran positif memungkinkan kamu mengatasi situasi stres dengan lebih baik. Manfaat berpikir positif lainnya juga ada pada kesehatan tubuh, pasalnya orang dengan pikiran positif cenderung menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Untuk mengawalinya, kamu dapat belajar mengubah pemikiran negatif menjadi pemikiran positif. Prosesnya memang terlihat sederhana, tetapi membutuhkan waktu dan latihan yang intens untuk menciptakan kebiasaan yang baru.

 

Terbuka dengan Orang Terdekat

Bertemu dan berbicara dengan orang terdekat entah siapapun itu baik kerabat, sahabat, maupun teman-teman bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu. Teman dan keluarga ini punya peran penting bila kamu sedang dirundung masalah, dengan bertemu dengan orang terdekat, kamu mungkin bisa mendapatkan sudut pandang lain untuk menghadapi setiap permasalahan dan pastinya untuk menjaga kesehatan mental di masa-masa sulit.

Rutin Olahraga

Olahraga punya banyak manfaat positif, salah satunya tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu sebelum dan sesudah berolahraga. Selain mendapatkan manfaat tubuh yang sehat secara fisik, kamu juga mendapatkan manfaat lainnya yaitu sehat secara mental. Jika kamu kesusahan mengatur waktu, kamu bisa berjalan kaki sekitar area kantor atau naik turun tangga. Olahraga dengan mengandalkan sinar matahari pagi juga baik untuk tubuh. Pasalnya paparan sinar matahari juga membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang berfungsi untuk meningkatkan tingkat serotonin di otak. 

 

Batasi Screen Time

Di zaman teknologi canggih yang serba cepat ini, sangat mudah untuk mendapatkan informasi terbaru. Berita yang negatif ini bisa semakin memicu mental jika kamu dalam kondisi mood yang tidak baik. Segera skip jika ada berita dengan highlight yang sifatnya kekerasan, kematian, bencana alam, dan lainnya karena hal tersebut akan membuatmu merasa tidak nyaman.

 

Menulis Jurnal

Cara sederhana untuk meningkatkan rasa syukur adalah membuat jurnal dan menuliskan berbagai hal yang patut disyukuri setiap harinya. Jurnaling dapat menjadi alat yang ampuh untuk kesehatan mental dan  dapat membangun self improvement. Kamu dapat menggunakan jurnal untuk menyalurkan pikiran dan merilis emosi sambil mengatasi kecemasan, depresi, bahkan impian dan tujuan yang kamu harapkan. Jika kamu sedang mencari cara awal menulis dan tidak yakin harus mulai dari mana, kamu bisa memulainya dengan membaca tipsnya di artikel ini.