Manfaat Journaling untuk Membuat Tidurmu Lebih Berkualitas

Dec, 09-2022 meike
Manfaat Journaling untuk Membuat Tidurmu Lebih Berkualitas

 

‘Begadang, jangan begadang, kalau tiada artinya’ begitulah sepenggal lirik yang dinyanyikan oleh penyanyi legendaris Rhoma Irama, lagu ini cocok untuk mendeskripsikan masalah yang sering dihadapi orang-orang di masa sekarang ini karena mengalami kesulitan tidur. Faktanya, tidur yang berkualitas punya peran penting untuk kesehatan dan produktivitas kita. Jika kamu kurang tidur, pastinya kamu akan merasakan lesu dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas. Maka dari itu, memiliki waktu tidur yang berkualitas sangatlah penting demi menjaga kesehatan serta meningkatkan mood. Tidur yang cukup tentunya akan mempermudah segala hal agar kamu dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan kondisi badan yang fit. Lalu apa hubungannya waktu tidur berkualitas dengan journaling? Berikut #CottoninkTeam rangkum dalam penjelasan di bawah ini.

 

Berlatih Mindfulness

Mindfulness berarti menaruh perhatian ke sesuatu dengan perhatian yang penuh dan hadir sepenuhnya untuk saat ini tanpa ada perasaan judgmental. Lalu apa hubungannya dengan journaling? Seringkali orang mengalami kesulitan tidur karena merasa cemas dan overthinking. Salah satu cara mencapai mindfulness dapat dilakukan dengan kegiatan journaling, tujuannya agar membuat kita lebih fokus dan menaruh pusat perhatian pada kertas dengan cara mencurahkan isi pikiran lalu menulisnya. Kegiatan ini sangat membantu kamu untuk mengurangi tekanan yang dirasakan dan melepaskan diri dari pikiran negatif. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Broadbent dan kawan-kawan di New Zealand, mengungkapkan hubungan positif antara menulis dengan kualitas tidur. Penelitian ini melibatkan partisipan yang menuliskan pengalaman traumatis mereka selama 20 menit dalam sehari, mereka memiliki waktu tidur yang lebih sehat selama 7 hingga 8 jam dibanding partisipan yang tidak menulis. Hal itu menunjukkan bahwa journaling mampu menguraikan hal apapun dalam pikiran kita serta membantu kita memahami segala permasalahan yang menjadi sumber overthinking, adapun manfaat lainnya adalah:

 

  1. Kamu akan lebih memperhatikan kebiasaan

  2. Memperkuat emosi fungsional

  3. Mengurangi kadar stres

  4. Menulis ide menarik

  5. Menjadikan journaling sebagai pembelajaran hidup dengan membaca kembali pengalaman-pengalaman yang sudah dilewati.

  6. Salah satu media untuk mewujudkan impian, karena journaling merupakan langkah awal untuk menentukan tujuan serta tindakan yang akan dilakukan.

 

Cara Memulai Journaling

Sebenarnya tidak ada trik khusus maupun pakem tertentu untuk memulai journaling. Lalu bisa dimulai dari mana? Kamu bisa mencontek kegiatan journaling dari beberapa influencer berikut, di antaranya: Dianty Anissa,  Raden Prisya, Alodita, Lavennz Ooi, dan Chiara. Nah, berikut #CottoninkTeam bahas beberapa cara untuk memulai journaling yang bisa kamu praktekkan secara langsung.

 

  1. Menjadikan journaling sebagai kebiasaan baru

  2. Menulis apapun yang ada di pikiran meskipun hanya beberapa kata

  3. Menguraikan satu per satu yang sedang dipikirkan, bisa dituangkan dengan gambar, grafik, maupun skema, bebas tergantung dengan keinginanmu.

  4. Tulis tanggal sebelum journaling, hal ini akan membantu kamu mengingat hal-hal yang baik.

  5. Practice makes perfect. Tak perlu terlihat sempurna untuk mengawali journaling, kamu dapat mencoret-coret kertas yang akan kamu gunakan dengan suasana yang relaks. Tidak perlu khawatir dengan gaya penulisan maupun tata bahasa yang tidak sesuai.

 

Itulah tips-tips dari #CottoninkTeam untuk kamu yang mau mulai journaling. Tidak sulit kan! Sekarang yang kamu butuhkan hanyalah niat dan komitmen untuk menuangkan isi pikiran ke dalam jurnal.

 

 

Baca Juga: Selain Warna Merah, 5 Pilihan Warna Ini Cocok Dikenakan Saat Christmas Dinner