Ngobrol Santai tentang Body Image bersama Ray Shabir

Artikel ini awalnya diterbitkan pada Mei 2020 di 247 COTTONINK Magazine

 

Masih belum banyak yang menyadari kalau body image negatif tidak hanya dialami oleh perempuan. Banyak juga laki-laki yang merasa tidak puas dan tak jarang insecure dengan body image mereka. Terlalu gemuk, terlalu kurus, terlalu pendek, terlalu buncit, dan terlalu terlalu lainnya. Belum lagi tuntutan budaya untuk bersikap dan berlaku sesuai dengan gambaran laki-laki ideal. Sepertinya tuntutan budaya dan penggambaran ideal oleh media bisa mempengaruhi siapa pun, terlepas dari jenis kelamin kalian.

 

Semua ekspektasi akan penampilan ideal semakin intens mempengaruhi seseorang apabila ia adalah seorang model. Kita tahu seberapa besar tekanan yang dialami oleh para model perempuan. Tapi ternyata para model laki-laki juga tidak luput dari tekanan ini. Maksudnya, meski kita sebagai orang awam melihat seorang model itu sebagai contoh ‘sempurna’ dan ideal, di industrinya sendiri, kesempurnaan itu dituntut untuk selalu ditingkatkan dan seringnya tanpa memikirkan perasaan sang model.

 

Mari berkenalan dengan Ray Shabir, seorang model dan penulis, yang #CottoninkTeam ajak untuk mengobrol tentang self-love dan body image dari perspektif laki-laki. Sebagai model, Ray juga pernah merasa self-concious tentang body image ideal yang ditampilkan oleh media. Cari tahu bagaimana cowok yang juga menulis “Public Feelings & Other Acts” ini mengatasi rasa insecure, serta nasihatnya buat kalian yang masih berjuang dalam mengekspresikan diri terlepas dari apapun hal ideal yang ditampilkan oleh media.

 

Halo Ray, boleh berikan sedikit perkenalan kepada pembaca 247 COTTONINK Magazine?

Halo semuanya! Saya Ray Shabir. Saya seorang penulis dan model dari Jakarta. Dan sekarang, bersama dengan teman dan mitra saya, saya juga menjalankan ruang studio kecil bernama Studio Lima Empat.

 

Apa yang membuat Ray sibuk selama pandemi ini?

Saya seharusnya merilis buku kedua saya tahun lalu tetapi tentu saja dengan pandemi saya harus menjadwal ulang. Dengan itu, saya akhirnya mengedit dan menyempurnakannya, mengutak-atiknya di sana-sini dan entah bagaimana membuatnya lebih baik. Jadi, saat ini saya sedang mempersiapkan rilisnya!

 

Kali ini kami sedang mengangkat isu tentang self-love dan body image. Apa arti self-love bagi Ray?

Bagi saya, self-love adalah tentang menghargai diri sendiri. Ini tentang menempatkan prioritas untuk diri sendiri dan kebahagiaan juga kesejahteraan diri, sambil menjaga ego kita tetap terkendali. Dan seperti bentuk cinta lainnya, self-love membutuhkan waktu dan usahasecara sadar belajar dan tidak mempelajari hal-hal baru agar kalian dapat menjaga diri sendiri, dan tidak mengorbankan kebutuhan kalian demi menyenangkan orang lain.

 

Adakah saat-saat ketika Ray merasa self-conscious karena penggambaran media tentang body image yang ideal?

Saya tidak tahu apakah cerita ini dianggap sebagai 'media', tetapi somehow ini mungkin juga berbicara tentang ekspektasi untuk tampil di media. Pengalaman terburuk saya adalah ketika suatu waktu saya mendapatkan pekerjaan untuk sebuah majalah, dan seseorang memanggil saya no-del (non-model) di lokasi syuting. Itu menyebalkan. How am I a non-something when I was there doing the shoot? I felt like a poser.

 

Saya menyadari itu adalah istilah yang digunakan orang untuk talent yang tidak cukup kurus atau cukup tinggi atau tidak sesuai dengan cetakan standar industri, dan tetap mendapatkan pekerjaan itu—but they didn’t have to pay. Saya dulu merasa self-conscious karena tidak cukup tinggi untuk masuk ke agensi modeling. Saya suka orang-orang kreatif dan ingin mendapatkan kesempatan untuk berada di ruangan yang sama dengan mereka, bekerja dan menciptakan sesuatu bersama. Jadi itu sedikit menghancurkan hati saya ketika saya masih muda, merasa seperti saya tidak cukup baik atau kekurangan sesuatu untuk diberikan.

 

Apa yang biasanya Anda lakukan untuk membuat diri Anda merasa lebih baik?

Penerimaan radikal. Saya menerima bahwa tubuh saya adalah milik saya, dan ini bukan akhir dunia jika saya tidak bisa ditandatangani di mana pun. Karena seiring berjalannya waktu, saya merasa cukup percaya diri untuk mengatakan bahwa pekerjaan saya sebagai model terus menjadi lebih baik dan lebih baik. Hal tinggi badan tidak pernah menggangguku lagi. Saya bisa bekerja dengan banyak kreatif dan orang-orang berbakat yang membuat karya-karya hebat, dan saya sangat menghargai mereka.

 

Semakin tua saya, saya menyadari bahwa tubuh yang saya miliki ini, adalah bejana saya di dunia. Tubuhku adalah milikku untuk aku panggil pulang. Itu dibuat hanya untuk saya hidup dan untuk dapat menceritakan jenis cerita tertentu di dunia ini. Semua prestasi dan kegagalan saya dialami dalam tubuh ini, dan itu menjaga skor. Atau berteman dengan orang ini atau orang itu atau mengalami jenis kehidupan yang saya miliki secara pribadi. Siapa yang tahu jika saya akan pernah menjadi penulis jika saya lebih tinggi. Jika bukan karena tubuh ini, saya mungkin tidak akan mengobrol dengan kalian.

 

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sebagian besar waktu tubuh perempuan diobjektifikasi oleh media. Apakah menurut Ray pria juga memperoleh 'percikan' objektifikasi dari industri?

Ya dan tidak. Saya merasa seperti pengaruh dari media barat, terutama yang berkaitan dengan Amerika, benar-benar mengglorifikasi jock culture. Di mana atlet dan olahraga adalah sesuatu yang mendefinisikan maskulinitas. Kemudian itu menetes ke dalam mendefinisikan apa yang dianggap sebagai ‘hot’ atau ‘sexy’ atau diinginkan. Kita melihatnya di mana-mana, mulai dari film hingga video musik dan iklan fashion raksasa di mal.

 

I see people who bought into it. Pria yang pergi ke gym untuk mencapai tipe tubuh Adonis itu. Tapi sebagian besar teman-teman saya tidak seperti itu. Mereka hanya tidak peduli atau memiliki hal-hal lain yang perlu dikhawatirkan. Saya percaya perempuan masih menghadapi hal yang jauh lebih sulit daripada pria. Karena saya belum pernah mengalami melihat seorang pria yang melihat pria lain dan berkata "Ew, look at his outfit" atau semacamnya. Yah, kecuali dia benar-benar menyebalkan.

 

Menurut Ray apa alasan orang merasa tidak aman bagi diri mereka sendiri yang menghasilkan negative body image?

Masyarakat. Teman. Keluarga. Media. Itu bisa datang dari berbagai macam hal dan perspektif luar. This is when learning and unlearning really comes in handy.

 

Apakah ada saran bagi siapa pun yang berjuang dengan cara mereka mengekspresikan diri karena standar kecantikan yang diciptakan media?

Pada akhirnya, ketika kalian melihat sesuatu di internet, tidak berarti itu benar atau yang terbaik. Or in any way right. Jangan membandingkan diri kalian dengan selebriti yang memiliki kemewahan untuk memiliki koki pribadi dan pergi ke gym enam jam sehari. Ini tahun 2021! YOU get to define beauty for YOURSELFYou get to feel like you’re beautiful on your own merits. Bersyukurlah bahwa tubuh kalian telah membawa kalian ke sini hari ini, melalui semua omong kosong yang harus kalian lewati dalam hidup. Rayakan itu. Hanya karena mereka terlihat seperti itu di TikTok, bukan berarti kalian juga harus seperti itu.