Lakukan dan Hindari Hal Ini Ketika Keluar Rumah Saat Musim Hujan

Jika kamu adalah seseorang yang kesulitan menentukan outfit yang cocok dikenakan selama musim hujan ini, artikel ini hadir untukmu! Biasanya di awal tahun merupakan musim hujan di sebagian besar negara terutama di negara tropis seperti Indonesia. Ngomong-ngomong soal pakaian, dalam kondisi cuaca seperti ini sangat penting untuk berinvestasi pada bahan pakaian yang dapat membuat kamu nyaman beraktivitas saat musim hujan tiba. Tidak perlu bingung, #CottoninkTeam akan memberi panduan lengkap untuk semua yang perlu kamu ketahui tentang outfit yang tepat dikenakan saat musim hujan. Berikut adalah beberapa jenis kain yang cocok dikenakan selama musim hujan:

Katun
Katun adalah kain yang paling andal dan aman untuk dikenakan saat musim hujan. Selain itu, kain ini punya karakteristik mudah menyerap air. Kain katun memiliki daya serap yang baik, sehingga sering digunakan untuk membuat handuk maupun kain lap. Tidak diragukan lagi, bahan pakaian dari katun adalah pilihan terbaik saat musim hujan tiba. Hindari fashion item dengan pakaian-pakaian berbahan tipis saat musim hujan. Jelas saja, kamu sebaiknya tidak menggunakan pakaian tipis saat musim hujan tiba karena pakaian tersebut tidak akan melindungi tubuh dari hawa dingin akibat hujan. Katun yang lebih tebal akan memberikan kehangatan ekstra pada tubuh dan menjaga kamu tetap kering di bawah cuaca yang basah. Kamu bisa kenakan sweater maupun atasan knit yang akan menghangatkan tubuhmu sekaligus memberikan tampilan yang stylish.

Denim
Kain denim memiliki ketebalan yang cukup sehingga dapat memberikan kehangatan pada tubuh saat musim hujan. Selain itu, kain denim juga dapat menahan kelembaban dengan baik sehingga tetap nyaman dipakai. Kain ini merupakan bahan yang tahan lama dan cocok digunakan sepanjang tahun termasuk pada musim hujan. Denim mampu menahan lumpur dan kotoran tidak seperti kain yang lain. Selain itu pilihan denim yang bervariasi terlihat sangat modis dan kamu bahkan bisa memasangkannya dengan crop top atau atasan longgar. Tipsnya adalah jangan terlalu sering mencuci denim, karena untuk mengeringkannya menjadi masalah di musim hujan sehingga pakaian denim akan kering dengan kondisi bau yang kurang enak.

Rayon
Secara umum, kain rayon cenderung menyerap kelembaban dan mudah menyerap air. Ini dapat membuat kain rayon terasa lebih berat dan basah saat terkena hujan. Kain rayon juga cenderung tidak tahan terhadap kerut, sehingga jika kain rayon terkena air hujan dan tidak segera dikeringkan, kain tersebut dapat menjadi kerut dan sulit untuk disetrika kembali. Namun, beberapa jenis rayon dapat diolah dengan teknologi khusus untuk meningkatkan sifat tahan air dan tahan terhadap kerut. Selain itu, kain rayon dapat dikombinasikan dengan serat lain seperti polyester untuk meningkatkan daya tahan terhadap air dan kerut. Hindari pakaian berwarna terang yang mudah kotor dan sulit dibersihkan terutama pakaian putih.