Rutinitas Kecantikan yang Berkelanjutan

Sekarang ini kita harus lebih menyadari betapa banyaknya sampah plastik yang dihasilkan dari rutinitas kecantikan. Sejak penemuan plastik, manusia sudah menghasilkan 8,3 milyar ton sampah dan 91 persennya masih belum terdaur ulang. Maka saat ini melakukan rutinitas kecantikan yang berkelanjutan adalah salah satu pilihan yang bisa ditempuh sebagai bukti kepedulian kita terhadap lingkungan.

 

Tapi pertanyaannya: bagaimana caranya? 

 

Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa mengubah gaya hidup menjadi lebih berkelanjutan sama dengan melepaskan gaya hidup mereka. Tapi sebenernya, gaya hidup berkelanjutan itu lebih tentang mencari alternatif. Karena nggak peduli seberapa kecil langkah yang kita ambil dalam menghadapi tantangan mendunia yang dihadapi ini, pilihan individu kita tetaplah penting.Kami akan memaparkan langkah-langkah mudah yang bisa dipraktikkan sehari-hari untuk menjalani rutinitas kecantikan yang lebih berkelanjutan. Baca sampai selesai, ya!

 

Habiskan apa yang kalian punya

Dalam hal hidup berkelanjutan, ada pandangan yang cukup sering muncul di masyarakat bahwa kita harus benar-benar nggak menggunakan hal-hal yang berbau plastik, dan beralih ke produk yang memiliki kemasan reusable. Tapi justru, pola pikir tersebut kurang tepat. Untuk hidup lebih berkelanjutan, alangkah baiknya kalau kita bisa memaksimalkan barang-barang yang memang sudah kita miliki. Dan dalam hal produk kecantikan, kalian nggak harus membuang produk lama kalian hanya untuk menggantinya dengan produk yang berlabel sustainable. Gunakan apapun yang kalian punya sampai habis sebelum membeli penggantinya. Dan kalau kalian nggak cocok dengan suatu produk, kalian bisa memberikannya ke orang terdekat atau menjualnya. Jangan sampai membuang dan menyia-nyiakan barang, ya!

 

Mulai menggunakan lebih sedikit air ketika membersihkan wajah

Ketika kalian akan membersihkan wajah dari makeup, kami sarankan untuk menggunakan spons atau kain pembersih wajah dari pada membiarkan air mengalir ketika kalian mencuci muka. Coba gunakan lebih sedikit air ketika membersihkan makeup. Tidak hanya menghemat air, kalian juga bisa mendapatkan hasil lebih baik karena sambil mengeksfoliasi sel kulit mati. Patut dicoba!

 

Gunakan kapas yang bisa digunakan ulang untuk membersihkan wajah 

Berganti ke kapas yang bisa digunakan lagi adalah alternatif fantastis untuk membersihkan wajah lebih bersih lagi. Kalian bisa coba membuat sendiri dengan memotong handuk lama menjadi bentuk yang diinginkan.

 

Pilih brand yang ramah lingkungan

Kalau stok produk kecantikan di rumah sudah habis, kalian bisa mencoba untuk pelan-pelan beralih ke produk yang dibuat oleh brand yang mengikuti praktik ramah lingkungan, dari hal kemasan hingga bahan yang digunakan. Lebih baik lagi kalau produk yang kalian beli dari brand tersebut tergolong cruelty free dan tidak diuji pada hewan.

 

Cari produk yang menggunakan kemasan kaca

Kemasan kaca mudah didaur ulang dan kalian bisa menggunakannya kembali untuk keperluan lain. Contohnya, kalian bisa menggunakan wadah kaca untuk sampo atau produk cair lainnya. Cobalah untuk mengurangi intensitas membeli produk kecantikan dengan kemasan plastik.

 

Membuat perawatan kecantikan homemade

Ini adalah cara terbaik untuk total membuat rutinitas kecantikan yang berkelanjutan. Menggunakan produk homemade juga akan meminimalisir sampah lingkungan. Kalian bisa membuat masker wajah, toner, minyak pijat, atau bahkan sampo sendiri! Dengan produk homemade, kalian bisa menggunakan bahan natural yang lebih sehat untuk tubuh dan juga ramah bagi lingkungan.