Enjoy Free Shipping All Over Indonesia for ALL ITEMS with NO MINIMUM PURCHASE
ENDS IN  

Oslo, Tempat Paling Membahagiakan untuk Tinggal

Aug, 08-2022 lia oktaviana
Oslo, Tempat Paling Membahagiakan untuk Tinggal

Paling dikenal karena fjord dan pemandangannya yang mewah, Norwegia juga sering dikenal sebagai salah satu tempat paling membahagiakan untuk tinggal. Dengan manfaat kesejahteraan sosial yang luar biasa, estetika skandinavia yang mempesona dan instagrammable, serta pendaran hygge (read: perasaan nyaman yang cukup) di seluruh wilayah, tidak sulit untuk melihat mengapa orang-orang datang ke sini untuk sebuah awal yang baru. Salah satunya kebetulan Cassandra Niki, seorang fotografer dan penulis, yang juga adalah kontributor kami kali ini yang akan mengajak kita keliling Oslo. Dia akan membagikan tempat-tempat tak terduga untuk menikmati seni, pakaian jelek, dan keanehan orang Norwegia yang mengejutkan!

 

Pertama-tama, ceritakan boleh kenalan dulu, dong!

Hai, Cassandra Niki di sini—teman-teman memanggil saya Cass. Saya adalah seorang fotografer dan penulis yang baru-baru ini meninggalkan pekerjaan di bidang teknologi. Kelahiran Indonesia, dibesarkan di New Zealand, sekolah di San Fransisco, dan sekarang tinggal di Oslo.

 

Bagaimana akhirnya bisa tinggal di Oslo?

Pindah ke sini di 2017 untuk tinggal bersama pacar saya yang orang Norwegia. Sebelumnya, kami sudah tinggal bersama di San Fransisco selama dua tahun dan memutuskan untuk pindah ke tempat yang lebih hijau.

 

Apa saja keunikan orang-orang Norwegia?

Salah satu yang terbaik yang pernah saya saksikan (dan alami juga) sejauh ini adalah nongkrong di sauna selama beberapa waktu dan lompat ke salju sambil telanjang untuk mendinginkan diri. Itu menggembirakan dan sangat membuat ketagihan. Orang Norwegia juga cenderung telanjang sesering yang mereka bisa, yang mana itu sendiri adalah sebuah keunikan yang aneh.

 

Seperti apa cuaca di sana dan kapan waktu yang tepat untuk berkunjung?

Oslo adalah kota dengan empat musim. Musim dinginnya membuat kalian beku, hari sangat singkat, dan suhu bisa berada sampai -10ºC. Tapi Norwegia terlihat cantik ketika ditutupi salju dan berpartisipasi dalam aktivitas musim dingin adalah bagian besar dari budaya mereka. Sementara musim panas di Norwegia bisa dibilang cukup legendaris; hangat dan hari berlangsung panjang, di mana matahari terbenam pukul 9 hingga 10 malam di puncak musim panas, dan penduduk menikmati waktu di luar seharian untuk minum-minum, berenang, berkeliling di pasar loak, dan melakukan semua hal menyenangkan di luar ruangan. Saya nggak bisa memutuskan kapan waktu terbaik, Oslo selalu menyenangkan sepanjang tahun tergantung apa yang kalian cari.

 

Apakah biaya hidup di sana semahal itu?

Ya—meski begitu para pekerja dibayar sesuai dengan banyak cuti, pendidikan gratis, dan layanan kesehatan gratis. Sebagai penduduk, biaya hidup lama-lama akan menjadi terjangkau dengan penyesuaian pada pilihan gaya hidup kalian. Sebagai turis, bisa jadi lumayan mahal, jadi kalian perlu menabung dulu sebelum berkunjung.

Ceritakan tentang hidden gems di Oslo!

Hal terbaik di Oslo adalah banyaknya karya seni terkemuka yang dipamerkan (tapi tersembunyi) di taman dan hutan. Jadi ketika ke sini, pastikan untuk mengelilingi sebanyak mungkin taman yang ada.

 

Ekebergparken adalah taman favoritsSaya dantermasuk sebuah hidden gem; ini adalah lahan seluas 11 hektar yang merupakan rumah bagi 30-an patung karya para master seperti Dali, Rodin, dan Renoir, bernaung secara sporadis di antara kerimbunan. Tempat tersembunyi lain yang Instagrammable adalah Damstredet, jalan kecil berbatu dengan rumah-rumah bata dan kayu yang imut.

 

Ke mana harus pergi kalau ingin mencari makan, dan makanan apa yang menurut Cass terbaik?

Untuk cita rasa Norwegia, sebuah meja di Maemo adalah sebuah keharusan (tapi bersiaplah dengan harga Michelin) atau untuk sesuatu yang lebih ramah untuk dompet, Mathallen juga cukup enak. Sebuah aula makanan dengan banyak pilihan sambil ditemani pemandangan Sungai Akerselva (ini juga tempat untuk membeli bahan makanan Asia). Tex Burger memiliki burger terbaik. Kalian juga perlu mencoba pancake atau wafel Norwegia di kedai sarapan manapun. Tentu saja jangan lewatkan kopi Tim Wendelboe, pemenang penghargaan dan benar-benar yang terbaik.

 

Lalu, ke mana kalau mau berbelanja?

Anda akan benar-benar ingin mengunjungi HAY dan Fransk Bazaar untuk pernak-pernik rumah yang imut. Berkelilinglah di area Grunerløkka untuk fesyen lokal; tempat ini dipenuhi dengan butik, toko barang bekas, dan toko-toko umum seperti COS dan Weekday.

 

Apa hal yang membuat Cass terkejut tentang Norwegia?

Orang Norwegia adalah anak rumahan sejati, mereka lebih suka berada di rumah dari pada nongkrong di luar. Ini membuat beberapa dari mereka sedikit lebih pendiam dan penyendiri jika dibandingkan dengan orang-orang dari budaya lain. Di mana hal ini sangat baik dan bebas hal menyebalkan tapi juga kadang membuat frustrasi khususnya untuk seseorang yang blak-blakan seperti saya. Tapi jangan khawatir, itu hanya soal zona nyaman saja. Setelah beberapa waktu, kalian akan merasakan kalau orang Norwegia adalah termasuk salah satu yang paling ramah.

 

Adakah kota tetangga yang wajib dikunjungi?

Orang Norwegia menyukai kabin. Jadi keluar kota menuju pegunungan untuk menginap dan berada di antara alam adalah hal yang paling banyak dilakukan orang di sini. Kalau kalian suka jalan-jalan mengunjungi kota-kota berbeda, naik kereta ke barat selama enam jam akan membawa kalian ke Bergen, kota cantik lain di Norwegia. Gothenburg juga dekat, sekitar tiga jam berkendara, dan tempat ini menawarkan rasa kota di Swedia yang tenang (meski ini adalah kota besar) dan juga jauh lebih murah dari Oslo.

 

Bagaimana Oslo memengaruhi style Cass?

Orang-orang Oslo sangatlah modis tapi dengan usaha yang seminimal mungkin. Anda hanya perlu pakaian dasar dan melapisinya. Saya selalu mengenakan pakaian berlapis dan mantel oversized sejak pindah ke sini. Sepatu yang tepat untuk berjalan di salju dan bahkan sepatu beralas duri sangatlah penting selama musim dingin.

Seperti apa tinggal di Oslo mengubah Anda?

Saya belajar memasak lebih baik, tentunya, dan makan lebih banyak ikan karena di sini pasokkannya sangat melimpah. Saya juga belajar untuk melambat—maksudnya, berhenti merasa tertekan karena pekerjaan dan mencoba lebih menikmati kehidupan. Orang-orang di sini hidup dengan santai dan ini adalah tempat terbaik untuk itu.

 

Trivia menarik tentang Oslo?

Lebih dari setengah kotanya ditutupi oleh hutan dan bahan makanan bisa jadi sangat mahal sampai penduduk di sini pergi ke Swedia untuk belanja bahan makanan!

 

Adakah tips untuk pembaca kami yang ingin mengunjungi Oslo atau akan pindah ke sana dalam waktu dekat?

Bawalah sepatu yang nyaman untuk berjalan keliling kota dan dapatkan Oslo Pass untuk transpotasi tanpa ribet, atraksi turis gratis, dan diskon. Aturan dasar lain yang selalu suka dikatakan orang-orang Norwegia: “Tidak ada yang namanya cuaca buruk, hanya pakaian yang buruk saja.”