Yuk, Kenalan dengan Kandungan Bahan Aktif Skincare untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Dec, 27-2022 sapto
Yuk, Kenalan dengan Kandungan Bahan Aktif Skincare untuk Mencerahkan Kulit Wajah

 

'Kulit cerah' adalah istilah yang sering kita dengar dalam istilah make up dan skincare. Pastinya dambaan setiap orang untuk mendapatkan tampilan wajah yang cerah alami tanpa mengenakan make up. Kamu pastinya mencari cara untuk menjaga agar kulit tetap cerah dan terhindar dari permasalahan kuit kusam. Shereene Idriss, MD, seorang dokter kulit bersertifikat dan pendiri sebuah merk skincare PillowTalkDerm, mendefinisikan kulit kusam sebagai tanda kulit yang tidak rata disertai dengan bercak coklat, perubahan warna, atau pigmentasi. Menurut Marisa Garshick, MD, dokter kulit bersertifikat di MDCS Dermatology, kondisi ini terjadi saat pergantian sel melambat, hal ini rentan terjadi pada siapa pun seiring bertambahnya usia, akibat terjadinya penumpukan sel kulit mati di permukaan wajah. Penyebab lainnya juga diakibatkan karena kerusakan akibat sinar matahari, stres, dan dehidrasi. Nah, kabar baik bagi kamu yang mengalami permasalahan kulit kusam, bekas luka, atau warna kulit tidak rata, berikut #CottoninkTeam berikan beberapa kandungan aktif dalam skincare yang dapat membantu permasalahan kulit kusam agar kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat.

Vitamin C

Kategori: 

Mencegah pigmentasi kulit

 

Cara bekerja:

Vitamin C membuat kulit cerah dan bersih dengan cara mencegah peradangan dan menghalangi produksi pigmen. Hal ini dapat menghentikan kulit dari pembentukan tanda setelah trauma (misalnya pigmentasi pasca-jerawat atau kerusakan akibat sinar matahari) yang mengakibatkan tampilan kulit menjadi kusam dan tidak rata.

 

Tips: 

Gunakan skincare dengan kandungan vitamin C di pagi hari. Vitamin C merupakan antioksidan sehingga memberikan pertahanan yang baik untuk kulit terhadap polutan. Hindari penggunaan vitamin c yang dibarengi dengan penggunaan skincare dengan kandungan bahan aktif seperti retinol, AHA, dan BHA.

 

Rekomendasi produk yang bisa kamu coba: 

Votre Peau Vitamin C Serum, ElsheSkin Vitamin C Serum, dan Dear Klairs, Freshly Juiced Vitamin Drop.

 

Glycolic Acid

Kategori: 

Mempercepat pergantian sel

 

Cara bekerja:

Glycolic Acid bekerja dengan cara memecah sel kulit mati pada lapisan atas kulit. Saat sel-sel kulit mati dihilangkan, mereka digantikan oleh  sel kulit yang baru dan segar. Hal ini membuat kulit tampak lebih cerah, dan seiring waktu membantu memudarkan tampilan bekas luka serta pigmentasi.

 

Tips:

Gunakan di malam hari setelah melakukan double cleansing dan sebelum mengoleskan serum dan pelembab. Hindari penggunaan retinol atau vitamin C setelah mengaplikasikan skincare dengan kandungan glycolic acid.

 

Rekomendasi produk yang bisa kamu coba:

Somethinc GLOW MAKER AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner dan PIXI Glow Tonic


 

Retinol

Kategori:

Mempercepat pergantian sel

 

Cara bekerja:

Saat diaplikasikan ke kulit, retinol terurai menjadi asam retinoat, yang meningkatkan pergantian sel di lapisan atas kulit dan memicu regenerasi sel di lapisan dasar. Setiap lapisan yang diperbarui maka semakin dekat ke permukaan sehingga kulit tampak lebih cerah, dan bekas luka akibat bekas jerawat maupun kulit kusam semakin memudar.

 

Tips:

Aplikasikan skincare dengan kandungan retinol di malam hari, hindari pelapisan dengan AHA, BHA, dan vitamin C, dan wajib untk mengaplikasikan sunscreen di pagi hari.

 

Rekomendasi produk yang bisa kamu coba:

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule, Somethinc 1% Pure Retinol+Squalane dan For Skin’s Sake Retinol Overnight Cream by FSS

 

Alpha Arbutin

Kategori:

Mencegah pigmentasi kulit

 

Cara bekerja:

Alternatif yang lebih aman namun masih sangat efektif.  Alpha arbutin adalah bahan alami yang mengurangi produksi melanin (pigmentasi) kulit. Kandungan ini sangat efektif untuk memudarkan tampilan bintik hitam yang tertinggal akibat kerusakan kulit yang disebabkan oleh  sinar matahari dan jerawat.

 

Tips:

Gunakan dengan skincare yang memiliki kandungan vitamin C untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

 

Rekomendasi produk yang bisa kamu coba:

Biyu Good Skin Day Toner, Bio Essence Bio-White Advanced Whitening Serum dan The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA 



 

Baca Juga:

Strategi Jitu Menghilangkan Pikiran Negatif Menjadi Tindakan Positif