Tips Merawat Baju Rajut Supaya Tahan Lama

COTTONINK Girls, apakah kalian sudah tau cara merawat baju rajut supaya tahan lama dan tidak cepat rusak?

 

Kalau kalian memiliki koleksi baju rajut yang cukup banyak (ahem, apalagi sekarang sedang memasuki musim penghujan), kalian wajib tau nih cara merawat baju rajut dengan benar. Nggak mau kan kalau tiba-tiba knitwear kesayangan kalian melar atau sobek hanya setelah dipakai beberapa bulan?

 

Pada dasarnya, baju rajut merupakan jenis pakaian yang durable. Asalkan dirawat sesuai dengan perawatan yang benar, baju rajut akan menjadi pieces yang paling tahan lama di lemari kalian.

 

Berikut cara yang bisa kalian coba untuk memastikan bahwa koleksi baju rajut kalian terlihat seperti baru untuk waktu yang lama. P.S. Follow these tips and your knitwear will thank you!

 

  1. Selalu baca dan ikuti instruksi perawatan pada label pakaian

Tidak semua baju rajut dibuat dengan sama. Beberapa jenis baju rajut membutuhkan sedikit perhatian ekstra daripada yang lain. Untuk itu, pastikan kalian selalu membaca dan mengikuti instruksi perawatan pada label pakaian, ya!

 

  1. Sebelum mencuci, balik baju rajut

Pastikan kalian selalu membalik baju rajut sebelum mencuci. Gesekan selama mencuci bisa berujung pada munculnya gumpalan benang dan serat-serat kain. Dengan membalik baju rajut, kemungkinan fuzziness hanya akan muncul di bagian dalam baju, dan kalian dapat membuat tampilan baju rajut kalian lebih tahan lama.

 

  1. Cuci dengan tangan

Mencuci tangan adalah cara terbaik untuk membersihkan baju rajut kalian karena ini adalah proses yang jauh lebih lembut daripada mencuci dengan mesin. Jangan lupa ikuti label instruksi perawatan, ya, untuk mengetahui temperatur air dan lama waktu merendam yang pas untuk baju rajut kalian. Pastikan juga kalian menggunakan deterjen yang lembut untuk mencuci.

 

  1. Dry flat

​​Cara terbaik untuk mengeringkan baju rajut setelah dicuci adalah dengan menggulung baju rajut dan menekannya dengan perlahan sehingga sisa air yang masih terserap oleh kain bisa dikeluarkan. Setelah itu, letakkan dan keringkan baju rajut kalian di permukaan yang rata. Hal ini akan membantu mempertahankan ukuran dan bentuk baju rajut kalian. Hindari menggantung baju rajut kalian saat dijemur, ya, karena baju rajut kalian berpotensi melar jika dijemur dengan cara yang salah. 

 

Lalu, bagaimana dengan mesin pengering? Well, selalu ada risiko saat memasukkan baju rajut kalian ke dalam pengering karena dapat menyebabkan baju rajut kalian menyusut. Jadi keringkan seperti tips di atas saja, ya.

 

  1. Gunakan steamer

Penggunaan steamer merupakan cara yang bagus untuk menyegarkan tampilan baju rajut kalian. Kehangatan dan kelembapan dari uap akan membantu melemaskan kain, dan juga meratakan kerutan serta menghaluskan lipatan. Pastikan juga kalian menggunakan suhu yang tidak terlalu panas supaya baju tidak menyusut.

 

  1. Lipat, jangan digantung

Sama seperti saat dijemur, baju rajut juga tidak disarankan untuk digantung di lemari. Supaya tahan lama dan tetap cantik, kalian bisa melipat koleksi baju rajut kalian dan meletakkannya di lemari.

 

  1. Rotasi pemakaian baju rajut

Memakai baju rajut yang sama secara terus-menerus akan membuat baju rajut kalian lebih cepat usang. Agar lebih tahan lama, kalian bisa merotasi pemakaian baju rajut untuk dikenakan secara merata.   

 

Lain kali kalian ada jadwal mencuci baju rajut, jangan lupa aplikasikan tips ini, ya! Dijamin di musim hujan yang akan datang nanti, baju rajut kalian akan tetap terlihat bagus seperti baru.