Temukan Referensi OOTD Hijabers Kekinian Sesuai Tipe Tubuh

Siapapun yang berhijab, kalian bisa tetap tampil fashionable tanpa mengabaikan kesopanan. Tampilan menarik bukan hanya tentang tren saja, tetapi tentang mengetahui apa yang terlihat bagus untuk kamu kenakan. Tentu sebagai seorang hijaber, ada beberapa gaya yang harus dihindari demi menjaga kesopanan. Untuk menemukan styling yang tepat, pertama-tama kamu harus mengetahui bentuk tubuh dan jenis pakaian yang cocok dikenakan untuk tipe tubuh tertentu. Kali ini #CotoninkTeam akan membahas bagaimana memilih pakaian hijab sesuai tipe tubuh.

Hourglass Body Shape

 

Tipe tubuh ini memiliki bahu yang lebar, pinggang yang kecil, dan pinggul yang melengkung. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu pakaianmu terlihat seimbang untuk penampilan yang kece. 

 

1. Kenakan celana pas badan berwarna gelap dan pasangkan dengan kemeja panjang untuk mengimbangi penampilan. Kemeja harus sedikit longgar, yang akan membuatnya lebih bagus, tetapi juga tidak terlalu besar sehingga tidak terlalu melebarkan tubuh bagian atas. Dan karena pinggangmu kecil, tonjolkan dengan ikat pinggang yang elegan.

 

2. Sedangkan untuk dress, pilih sesuatu yang mempertegas pinggang dan longgar di bagian atas dan terbuka lebih lebar di bagian bawah. Ini akan memberikan tampilan menyanjung yang seimbang.

 

3. Untuk rok, rok lebar yang terdefinisi di bagian pinggang sangat cocok dengan bentuk tubuh hourglass. Kenakan dengan kemeja polos sederhana dan jauhi pakaian dengan pola.


 

Pear Body Shape

 

Bentuk tubuh pir ini lebih berisi di bagian bawah  dan lebih kecil di bagian atas. Biasanya bagian bawahnya melengkung, dan bahunya tidak lebar. Berikut adalah beberapa tips untuk pemilik tubuh bentuk pir:

 

1. Sangat bagus jika kamu memilih celana lebar dengan pinggang tinggi. Celana high-waisted memang sedang on trend dan cocok dikenakan untuk para hijabers karena bentuknya yang longgar.

 

2. Untuk atasan, ada dua pilihan. Pertama, pilih atasan bebas bermotif dan berwarna cerah, untuk melebarkan tubuh bagian atas, atau pilih atasan berlapis, dengan cara itu kamu menciptakan lebih banyak keseimbangan antara tubuh bagian atas dan bawah.

 

3. Pakaian apa pun yang kamu pilih untuk dikenakan, baik itu dress, rok, atau celana, pastikan pinggangnya tinggi, di atas garis tengah tubuh kamu yang sebenarnya. Apalagi jika ingin memanjangkan tubuh bagian bawah.

 

4. Usahakan untuk menghindari rok atau dress yang terlalu longgar di bagian bawah agar tidak mengganggu keseimbangan antara pinggul dan bahu.


 

Rectangle Body Shape

 

Tipe tubuh ini sangat mudah ditata, hanya perlu beberapa tips dan trik jitu yang akan membantumu memahami gaya dengan lebih baik. Beberapa tipsnya yaitu:

 

1. Pilih celana, rok bahkan dress dengan detail di bagian bawah, seperti ruffles maupun pleats.

 

2. Agar tubuh lebih berdimensi, tentukan pinggang dengan ikat pinggang lebar atau pilih blus dengan ruffles di bagian bahu atau dengan lengan puffy.

 

3. Hindari maxi dress polos tanpa detail apapun.


 

Tips berpakaian untuk berbagai tipe tubuh:

 

1. Pakaian berwarna gelap membuat area yang seharusnya tidak diperlihatkan akan terlihat lebih ramping dan sebaliknya.

 

2. Selalu ciptakan keseimbangan antara tubuh bagian atas dan bawah.

 

3. Menentukan pinggang adalah tips yang bagus untuk semua tipe tubuh. Satu-satunya perbedaan adalah meletakkan titik fokus di pinggang atau sedikit lebih tinggi, seperti untuk tipe tubuh pir. Ini semua bukan berarti bahwa tubuhmu tidak cantik dan kamu harus menyembunyikan ketidaksempurnaan. Tidak ada ketidaksempurnaan, kita semua cantik dan berbeda dengan gaya masing-masing.