Special Curated Items Up To 40% OFF | 23 September - 2 October 2022
 

Sang Pop Prodigy Tarapti Rinrin 

Sep, 14-2022 meike
Sang Pop Prodigy Tarapti Rinrin 

Artikel ini awalnya diterbitkan pada April 2019 di 247 COTTONINK Magazine

 

Kurang lengkap rasanya jika membahas seorang Tarapti Ikhtiar Rinrin atau Rinrin Svmmerdose tanpa menyebutkan fakta kalau peremoyan ini adalah teman dan rekan band dari Iqbaal Ramadhan, aktor muda dan musisi yang saat ini sedang digandrungi. Meski demikian, Rinrin lebih dari sekadar hal yang disebutkan itu. Ia sudah mulai bernyanyi dan menyanyikan cover lagu dari musisi lain sedari kecil. Perempuan berusia 18 ini sudah memiliki pesona bintangnya sendiri. #CottoninkTeam duduk bersama penyanyi sekaligus penulis lagu ini membicarakan panutannya dalam menulis lagu, hingga latar belakang Svmmerdose.

 

Kenalan dulu, yuk!

Nama saya Rinrin, lengkapnya Tarapti Ikhtiar Rinrin. Alasan menggunakan nama Instagram @tarrarin karena itu adalah kombinasi dari nama lengkap saya. Saya tinggal di Bogor, memiliki latar belakang musik dan masih berlajar untuk mempertajam kemampuan di bidang tersebut.

 

Rinrin memulai sebagai penyanyi lagu-lagu cover di YouTube sejak kecil. Siapa yang memengaruhi Anda melakukannya?

Saya mulai mengunggah video cover di YouTube sejak masih di sekolah dasar. Sebenarnya, saya datang dari keluarga pemusik. Ibu saya seorang penyanyi dan ayah saya seorang musisi yang juga mendorong untuk mengunggah video saya ke YouTube. Awalnya saya tidak mengerti bagaimana menggunakan website untuk berbagi video, jadi Ayah membantu untuk hal itu sampai saya bisa mengatur channel saya sendiri.

 

Ceritakan latar belakang band Rinrin, Svmmerdose!

Saya bertemu Iqbaal [Ramadhan] ketika SMP. Di SMA, Saya bertemu Agy, gitaris kami, dan kami berada di band sekolah yang sama. Kemudian, saya memperkenalkan mereka berdua dan mereka cepat akrab karena daftar putar lagu. Mereka sama-sama suka The 1975, The Neighbourhood, HONNE, dan band lainnya yang sejenis. Akhirnya mereka membentuk band. Awalnya, band tersebut ingin dijadikan duo. Namun karen saya dan Agy berada di band yang sama di sekolah, ia mengajak saya bergabung dengan band-nya sebagai vokalis. Begitulah sejarahnya Svmmerdose!

 

Apa yang menjadi bagian favorit Rinrin sebagai seorang musisi?

Menurut saya hal paling keren tentang menjadi musisi adalah kita bisa mengatakan apa pun ke siapa pun, kapan pun. Musik adalah platform untuk membagikan apa yang saya rasakan. Tidak selalu tentang cinta, bisa jadi tentang apa saja, seperti mengalami ketika mengalami stres karena orangtua atau meminta seseorang untuk tidak jatuh cinta pada kita. Melalui musik, kita bisa mengkomunikasikan apapun pada momen apapun secara jujur dan rentan.

 

Jika mendapat kesempatan, siapa yang ingin Rinrin ajak berkolaborasi?

Secara pribadi, karena latar belakang di bidang penulisan lagu, saya ingin berkolaborasi dengan Melly Goeslaw karena dia adalah salah satu panutan dalam penulisan lagu. Untuk Svmmerdose, saya ingin berkolaborasi dengan produser kami, Janitra Satriani. Itu adalah mimpi yang sampai sekarang belum kesampaian.

 

Siapa musisi favorit Anda?

Ya ampun. Semua musisi adalah favorit saya! Hahaha. Daniel Caesar, The Neighbourhood, dan Matty Healy adalah musisi favorit saya saat ini.

 

Apa yang ingin fans ketahui tentang Rinrin?

Saya ingin mereka tahu kalau saya bukan orang yang cheesy. Saya tidak bisa jatuh cinta dengan mudah pada seseorang. Saya ingin mereka melihat saya sebagai orang yang jujur. Seorang perempuan remaja yang menjalani hidupnya dan tidak membutuhkan cinta, paling tidak untuk saat ini! Namun pastinya saya akan membutuhkan cinta, hanya saja bukan sekarang. Lalu karena Svmmerdose adalah band R&B yang eksperimental, saya ingin menampilkan band secara terus terang kalau atmosfer musik kami memang gelap dan liriknya kebanyakan ditulis dalam bahasa Inggris.