Perlu Dicatat, Beberapa Hal Penting Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

Pemerintah mengumumkan bahwa libur lebaran dan cuti bersama ditetapkan dari tanggal 29 Mei hingga 6 Mei. Adakah yang lebaran tahun ini berencana mudik ke kampung halaman? Bagi yang mau pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga besar, pastinya sudah kebayang betapa senangnya berjumpa dengan kakek, nenek, sepupu, keponakan dan sanak saudara lainnya. Tapi mohon bersabar dulu, sebelumnya kamu harus mulai menyiapkan beberapa hal penting yang harus dicatat. Momen satu tahun sekali jangan sampai terlewati begitu saja karena faktor kecerobohan maupun faktor lainnya. Sebisa mungkin mencoba menyiapkan segala sesuatunya secara matang. Perjalanan jauh tentunya akan makan waktu dan tenaga, tentunya kamu harus menyiapkan hal-hal berikut supaya mudik tetap aman dan nyaman.

  1. Cari Informasi Mengenai Tiket

Bagi yang ingin mudik menggunakan transportasi umum, tentu hal yang tak kalah penting adalah mengecek ketersediaan tiket. Seperti yang diketahui, tiket KAI sudah dibuka jauh-jauh hari untuk mengantisipasi membludaknya pembelian tiket saat mudik lebaran. Pilihan transportasi umum selain kereta adalah bus, kapal, maupun pesawat. Hal tersebut perlu diperhatikan untuk mengecek ketersediaan tiket. Jangan sampai mepet ya, takutnya gagal lebaran bareng keluarga.

 

  1. Alokasi Biaya

Hal penting yang perlu diingat selain cek ketersediaan tiket adalah mencatat budget untuk keperluan mudik. Jangan sampai kalap dan terbebani ketika pulang ke kampung halaman karena masih ada kebutuhan lain setelah lebaran yang harus dipenuhi. Sebelumnya kamu harus catat pengeluaran wajib dan pengeluaran tak terduga saat berada di kampung halaman. Tulis perencanaan uangmu agar uang tabungan masih terjaga dan bisa  disisihkan untuk kebutuhan selanjutnya.

 

  1. Menjaga Kondisi Badan Saat Perjalanan

Jelang mudik lebaran, menjaga kondisi badan sangat penting agar kondisi tubuh tetap fit. Perjalanan yang jauh akan memakan banyak waktu dan tenaga sehingga tubuh akan merasakan lelah. Oleh karena itu perlu beberapa tips sehat selama perjalanan diantaranya; memperhatikan makanan yang dikonsumsi, membawa obat-obatan pribadi, perhatikan asupan cairan, konsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh, dan istirahat yang cukup.

 

  1. Cek Kembali Kendaraan Pribadi

Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, perlu memperhatikan kondisi kendaraan sebelum berangkat mudik. Tentu saja hal ini dilakukan agar perjalanan mudik yang lancar. Terlebih lagi, perjalanan yang ditempuh tidaklah singkat. Wajib hukumnya melakukan pengecekan kondisi kendaraan secara standart

                                             

  1. Pakaian yang Nyaman

Mudik lebaran menjadi salah satu perjalanan yang mengesankan. Momen yang terjadi hanya setahun sekali dimanfaatkan para perantau untuk berkumpul bersama keluarga. Beragam cara agar perjalanan mudik terasa menyenangkan meskipun lelah melanda, salah satunya adalah tidak membebani tubuhmu dengan pakaian yang tidak nyaman dan dirasa mengganggu. Pilihlah baju berbahan katun, karena bahan ini meberikanmu kenyamanan dan terasa adem saat dikenakan. Bahan ini juga dikenal sebagai material yang mampu menyerap keringat secara baik. Kamu tidak perlu kebingungan memilih outfit santai untuk mudik, Cottonink punya item santai yang bisa kamu kenakan saat mudik.