Merayakan yang Baru Bersama Kallula

Jul, 01-2022 meike
Merayakan yang Baru Bersama Kallula

Artikel ini awalnya diterbitkan pada Oktober 2019 di 247 COTTONINK Magazine

 

Kalau kalian termasuk yang suka melihat-lihat inspirasi berpakaian di Instagram, pasti kalian cukup familiar dengan Kallula Harsynta Esterlita yang adalah salah satu yang selalu berada di top of mind ketika berbicara tentang fashion. Tapi fashion bukanlah satu-satunya yang dia cintai. Selain menjadi seseorang dengan gaya personal yang membuat iri, Kallula juga seorang musisi dari sebah duo elektro-pop, KimoKal, dan sedang mengerjakan proyek solo pertamanya.

 

Kallula adalah bukti kalau fashion dan musik selalu berjalan bergandengan, karena kita tahu kalau pilihan pakaian selalu jadi salah satu cara untuk mewakili estetika yang diinginkan seorang musisi untuk dikenal khalayak. Begitu juga dengan Kallula. Teruslah membaca apa yang dibagikan oleh perempuan Aries ini tentang kabar terbaru dan musiknya!

 

Ceritakan sedikit tentang diri Kallula!

Saya Kallula dan saya adalah seorang musisi. Akan ada berita menaruk yaitu aku akan merilis single solo terbaru bulan depan. Jadi aku harap kalian semua akan menikmatinya seperti aku sangat menikmatinya. Nantikan!

 

Terakhir kali kita bertemu di 2015. Sebeda apa Kallula yang sekarang dari empat tahun yang lalu?

Aku masih orang yang sama, belum ada perubahan yang signifikan. Mungkin sekarang aku menjadi orang yang lebih belajar pada masa lalu. Tapi jika ditanya seberapa banyak aku bertumbuh, ya, kita pasti belajar sesuatu yang baru dalam hidup, begitu juga aku. Tahun ini, khususnya, adalah yang paling menarik karena aku menginjak usia 30. Rasanya seperti sesuatu yang besar, bahkan untuk diri sendiri. Tapi di waktu bersamaan, aku merasa sangat puas dan percaya diri tentang ini. Rasanya secure pada segala hal dan itu adalah sesuatu yang bagus. Seperti kembali ke hari-hari ketika masih berusia 25 di mana aku selalu memikirkan tentang apa yang akan dilakukan dan ketika kita mencapai usia tertentu dalam hidup, kita akan merasa seperti, “You know what? Bodo amat. Just do it.

 

Kallula sempat bilang kalau pakaian berwarna hitam dan putih adalah andalan dalam hal berpakaian. Seperti apa perubahan selera fashion Kallula dari waktu ke waktu?

Sampai sekarang masih. Tapi aku akan mencoba sesuatu yang baru tahun ini. Karena Oktober ini aku akan melakukan solo, jadi aku dengan tim mau mencoba mengubah persona dari Kallula-nya KimoKal dan Kallula sendiri menjadi Kallula yang seorang musisi. Saat ini masih mencari tahu bagaimana caranya tetap menjadi diri sendiri, but escalated.

 

Aku mencoba pakaian dengan warna-warna baru, tapi semuanya masih terlihat bold. Rasanya kalau sedang ingin mengenakan merah, maka harus merah yang merah sekali dari ujung kepala sampai ujung kaki atau sesuatu seperti putih dari ujung kepala sampai ujung kaki. Bisa dibilang selera fashion aku sekarang lebih eksperimental dan bold.

 

Apakah fashion selalu menjadi hal yang penting bagi Kallila?

Aku sangat menyukai baju-baju cantik. Pekerjaan pertama ketika aku masih kuliah adalah sales assistant di 707. Jadi rasanya kecintaan akan semua pakaian bagus yang dipajang di toko sudah ada di sana sejak awalmeski saat itu ak belum mampu membelinya dan masih harus menabung dulu atau menggunakan kartu kredit ibuku. Hahaha.

Ceritakan lebih banyak tentang proyek solo Kallula yang akan datang dan apa perbedaannya dengan musik dari KimoKal.

Sejujurnya, kali ini aku jadi lebih eksploratif ketika bicara tentang membuat musik karena aku lakukan semuanya sendiri dengan bantuan dari produser yang aku pilih untuk single ini. Lebih berwarna jadinya. Lalu gak tahu kenapa, tapi aku merasa lebih muda dari yang biasanya. Aku dulu lebih drama ketika sedang menulis lagu, tapi sekarang rasanya hidupku sudah disederhanakan. Sebenarnya hanya tinggal menikmati hidup saja.

 

Bagaimana proses penulisan lagu untuk proyek solo ini?

Sesungguhnya lebih rumit karena aku tidak punya seseorang untuk membicarakan lagu ini. Maksudnya, dengan KimoKal, aku punya Kimo untuk mendiskusikan musik kami. Meskipun aku memegang sendiri bagian penulisan lagu. Tapi kali ini, aku diberikan kebebasan untuk melakukan apa yang aku mau. Tapi lalu aku merasa, meskipun bebas, jadinya tertekan. Kayak, “Apa yang akan orang pikirkan tentang ini?”.

 

Minggu pertama menulis lagu sangatlah berat. Tapi di minggu kedua, aku menyelesaikannya hanya dalam dua hari. Dan kebetulan produser single ini adalah Dipha Barus. Dia salah satu teman yang bisa dipercaya untuk membuat laguku.

 

Jadi aku sempat mengobrol dengan Dipha tentang penulisan lagu dan dia menanyakan hal-hal seperti, “Sekarang sedang merasakan apa? Apa yang mau disampaikan ke pendengarmu? Kamu mau pendengar merasakan apa ketika mendengarkan lagumu?” Dan aku hanya ingin mereka menikmati lagunya dan menulis sesuatu yang memicu hal tersebut, yang membuat kalian menikmatinya.

 

Siapa inspirasi Kallula dalam bermusik?

Lykke Li, Saya selalu menyukainya, lalu Alisson Mosshart juga. Dan akhir-akhir ini aku sangat mengagumi Dua Lipa. Tidak hanya karena dia memiliki selera fashion yang bagus tapi juga karena memiliki kepribadian yang sangat ramah di media sosial. Dia sangat jujur dan apa adanya dan kekinian sekali.