Ide OOTD Cantik yang Cocok Dikenakan untuk Mengunjungi Museum di Yogyakarta

Dec, 16-2022 meike
Ide OOTD Cantik yang Cocok Dikenakan untuk Mengunjungi Museum di Yogyakarta

Salah satu kota wisata di Indonesia yang masih kuat dengan budayanya yang kental selain Bali adalah Yogyakarta. Kota yang dikenal dengan julukan kota gudeg dan kota pelajar ini tak pernah sepi pengunjung. Mulai dari wisata alam hingga wisata edukatif dapat kamu temui di kota ini. Mengunjungi museum bisa jadi alternatif seru untuk berlibur bersama orang tersayang, selain menambah wawasan tentunya akan menambah pengalaman menarik yang bisa kamu ceritakan kembali. Berikut #CottoninkTeam akan memberikan referensi untuk jalan-jalan di museum dan kamu pun siap mengantongi banyak foto keren dengan pilihan outfit yang cocok.


 

Museum Diorama Arsip Jogja

Museum Diorama Arsip Yogyakarta merupakan satu di antara banyak museum yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum ini memaparkan berbagai peristiwa yang terjadi di Yogyakarta dalam tampilan multimedia yang menarik. Mulai dari sejarah di zaman Mataram hingga peristiwa bencana seperti gempa bumi tahun 2006 yang melanda wilayah Yogyakarta bagian selatan. Berkunjung ke Museum Arsip memang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan, pasalnya perjalanan panjang melintasi lintas waktu ini terbagi menjadi 18 ruang diorama. Setiap kunjungan akan ditemani oleh seorang tour guide yang akan menjelaskan secara rinci dan menjawab pertanyaan para pengunjung. Sebelum berkunjung sebaiknya lakukan reservasi terlebih dahulu, kamu bisa cek di Instagram @dioramakearsipanjogja maupun melalui website arsip.jogja.id. Tak hanya sekadar jalan-jalan saja maupun menambah wawasan, mengabadikan momen juga wajib masuk ke dalam to-do list kamu. Bagi yang memiliki rencana mengunjungi museum, sepertinya perpaduan Beige Bryony dan Navy Sevrin adalah kombinasi yang pas.

 

Museum Ullen Sentalu

Jika museum Diorama berlokasi di tengah kota, Museum Ullen Sentalu berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Kaliurang. Nama Ullen Sentalu diambil dari singkatan peribahasa bahasa jawa yakni ‘Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku’ dalam bahasa Indonesia memiliki arti terang penuntun jalan kehidupan. Museum ini hadir dengan suasana sunyi dan misterius serta dikelilingi oleh rindangnya pepohonan besar, sehingga makin menambah kesan penuh teka-teki. Museum ini memiliki daya tarik yang begitu kuat karena gaya arsitektur yang unik dengan perpaduan nuansa gotik dan Jawa. Tur ini dilaksanakan dengan jumlah pengunjung yang terbatas di setiap sesinya dan tidak diperkenankan untuk mengambil foto di dalam museum. Di sini pengunjung akan menyelami sejarah peradaban Keraton Solo dan Jogja, serta mengenali koleksi-koleksi lainnya, seperti lukisan, patung, batik, hingga alat musik tradisional. Nantinya di salah satu ruangan, pengunjung akan diberikan secangkir ramuan minuman hangat sembari menikmati koleksi lukisan dengan suasana yang asri dan dingin, karena lokasi museum ini berada di lereng gunung Merapi. Kamu bisa mengenakan outfit dengan material yang akan membuat tubuhmu terasa hangat seperti Black Vinita dan Black Lindani.

 

Museum Keraton Yogyakarta

Siapa bilang mengunjungi museum pasti terasa ketinggalan zaman dan kuno. Di tengah gempuran coffee shop estetik dan tempat hits lainnya, tak ada salahnya lho sesekali kamu mengunjungi museum untuk mengetahui sejarah di masa lampau. Seperti museum satu ini, lokasinya yang berada di pusat kota menjadikannya sebagai daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing. Museum Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Yogyakarta sekaligus menjadi tempat tinggal keluarga Sultan Hamengkubuwono IX. Kamu akan mendapatkan wawasan mengenai seluk beluk kehidupan istana beserta isinya. Selain itu, terdapat karya seni dalam bentuk wayang, manuskrip, lukisan, hingga benda peninggalan bersejarah, terdapat pula pertunjukan menarik seperti tari-tarian dan macapat. Jika kamu datang di waktu yang tepat, kamu bisa menyaksikan uniknya ragam upacara di Keraton, seperti Nyebar Udhik-udhik, Caos Dahar, Grebeg, dan lainnya. Nah, untuk outfit berkunjung ke museum, kamu bisa mengenakan pakaian kasual yang membuat penampilanmu terlihat smart. Kamu bisa pilih midi dress berkerah seperti Black Soriya.

 

 

 

 

Museum Affandi

Pecinta seni pastinya sudah tak asing lagi dengan museum Affandi. Museum ini terletak di Sleman, tepatnya di Jalan Laksda Adisucipto No 167, Caturtunggal, kecamatan Depok. Seperti namanya, museum ini menyimpan banyak lukisan hasil karya sang Maestro bernama Affandi Koesoema. Museum ini terbagi menjadi empat galeri utama dengan desain arsitektur yang menarik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Museum ini dulunya merupakan tempat tinggal Affandi beserta keluarga, atap bangunan ini berbentuk seperti daun pisang yang kini berubah menjadi Cafe Loteng. Siapapun yang berkunjung ke sini akan dibawa untuk mengenang sosok sang pelukis yang namanya tenar di dalam negeri hingga ke pelosok dunia. Tak hanya menawarkan keindahan sebuah lukisan, namun pengunjung tentunya akan mendapatkan wawasan baru. Jika punya rencana mengunjungi Museum Affandi, kamu bisa mengenakan perpaduan Black Linaz dengan Peach Miyuki.

 

 

 

Baca Juga: 4 Item yang Harus Dikoleksi untuk Mendapatkan Tampilan Ala Korean Style