Cara Merawat Celana Jeans Hitam Supaya Tidak Cepat Belel

Pencinta pakaian serba hitam atau bukan, kami yakin semua orang pasti punya setidaknya sepasang celana jeans hitam di dalam lemari. Celana jeans hitam ini sangat versatile dan memudahkan kalian untuk memadu padankannya dengan bermacam gaya, mulai dari santai sampai polished, bergantung dengan gimana cara kalian memakai jeans berwarna gelap ini. Entah kalian ingin menyeimbangkan hoodie favorit kalian yang sudah mulai belel saking seringnya dipakai, hingga kemeja satin yang cantik pun tetap terlihat sleek saat dikenakan dengan celana jeans hitam.

 

Tapi pernah nggak sih pusing sendiri karena koleksi celana jeans hitam kalian mendadak belel semua? Sejujurnya kami nggak masalah dengan celana jeans hitam yang warnanya mulai memudar, karena sebetulnya jadi ada daya tarik dan ceritanya tersendiri. Tapi yang sering kali bikin kesal adalah celana jeans hitam yang tergolong baru dibeli dan dipakai beberapa kali saja, tapi sudah langsung belel karena salah rawat. Gimana, tuh?

 

Menjaga warna jeans hitam supaya tetap bertahan lama memang nggak mudah dan memerlukan sedikit lebih banyak usaha. Terkadang, saking malasnya mengikuti instruksi perawatan pada label celana, rasanya mau langsung memasukkan si celana jeans hitam di mesin cuci barengan dengan baju-baju lain. Tapi tunggu dulu, saran kami sih jangan lakukan hal itu karena kami juga sudah belajar dari pengalaman (buruk) kecolongan mencuci jeans hitam yang masih fresh from the store langsung dengan pakaian lain saking nggak mau ribetnya. Dan tebak apa yang terjadi. Nggak cuma warna jeans yang langsung menurun tingkat kehitamannya, tapi baju lain juga kena lunturan warna hitam. Sedih banget deh pokoknya.

 

Jadi, harus apa nih supaya celana jeans hitam nggak cepat belel? Kalau kalian suka mengenakan celana jeans hitam di berbagai kesempatan, dan ingin menjaga warna hitam dan masa pakainya untuk jangka waktu yang lebih lama, simak tips berikut, ya. Jangan lupa untuk bagikan juga artikel ini ke orang terdekat kalian yang juga mengoleksi jeans hitam, supaya saat kumpul bareng nanti celana jeans kalian sama-sama masih on point!

 

Jangan terlalu sering dicuci

Semakin jarang jeans hitam kalian menyentuh sabun dan deterjen, semakin awet warna, bentuk, dan fit dari jeans tersebut. Jadi kalau celana kalian hanya kotor setitik, coba untuk membersihkan di bagian kotor itu saja. Opsi lain supaya jeans tetap terasa bersih dan segar tanpa dicuci adalah dengan menggantungnya di jemuran tanpa terkena langsung sinar matahari. Kalian juga bisa mencoba untuk merendam jeans hitam dengan air dingin dan setengah tutup deterjen cuka.

 

Cuci dengan air dingin

Poin ini cukup penting untuk diingat nih. Jangan pernah mencuci celana jeans hitam dengan air hangat atau panas, ya! Melakukan hal tersebut berpotensi membuat warna hitam pada celana jeans kalian luntur.

 

Cuci jeans hitam dalam keadaan terbalik

Membalik celana jeans saat akan dicuci dapat membantu melindungi serat celana pada bagian luar dari gesekan serta paparan langsung dari deterjen yang dapat memudarkan warna hitam. Selain itu, membalik celana jeans juga memungkinkan bagian dalam celana (alias bagian paling kotor yang langsung terkena kulit dan keringat) untuk mendapatkan paparan air dan deterjen yang lebih banyak.

 

Hanya cuci jeans hitam dengan pakaian warna gelap lainnya

Memang agak merepotkan sih untuk memisahkan cucian berdasarkan warna. Tapi hal ini penting juga untuk diingat dan dilakukan demi menghindari pakaian berwarna terang milik kalian kelunturan warna gelap.

 

Jangan gunakan mesin pengering

Mengeringkan jeans dengan cara digantung dapat mencegah kerusakan serat pakaian, sehingga menjadikannya cara terbaik untuk membantu mempertahankan warna hitam supaya nggak cepat belel. Gantung jeans kalian di jemuran dengan cara memasukkan satu lubang sabuk ke dalam gantungan jemuran. Selain itu, cara ini juga dapat meminimalisir kusut pada jeans, lho.