EVERYTHING IS ON SALE UP TO 60% OFF + EXTRA 14% OFF* | Use code: COTTONINK14TH | 25 November - 1 December 2022
ENDS IN  

Begini Caranya Menghilangkan Bekas Jerawat

Sep, 29-2022 meike
Begini Caranya Menghilangkan Bekas Jerawat

Artikel ini awalnya diterbitkan di 247 COTTONINK Magazine.

 

Apakah kalian pernah merasa malu dengan bekas jerawat? Ya, bekas jerawat bisa membuat kalian ingin berteriak histeris setiap kali berdiri di depan cermin. Dan kalian tahu nggak sih kalau nggak semua bekas jerawat itu sama. Bekas jerawat terbentuk karena proses penyembuhan yang tidak sempurna dan pembentukan jaringan fibrosis di bawah kulit. Akibatnya, struktur kulit kalian mengalami kerusakan.

 

Kalian harus tahu, bekas luka atau tanda di kulit yang dikarenakan oleh jerawat bervariasi karena reaksi spesifik yang terjadi di bawah kulit. Jadi, sebelum berfokus untuk menghilangkan bekas jerawat, kenali dulu, yuk, empat jenis bekas jerawat berikut ini!

 

Ice Pick Scar

Jenis bekas luka ini disebut ice pick karena terlihat seperti lubang yang telah dibuat oleh ice pick atau benda tajam lainnya. Ini adalah yang paling sulit diobati karena mencapai kulit bagian dalam.

 

Boxcar Scar

Bekas luka ini terlihat lebih bersudut dengan tepi vertikal yang sangat tajam yang terlihat seperti kotak, lebar, dan memiliki tepi kasar. Bekas luka bisa cukup dalam atau hanya di permukaan. Ketika bekas luka ini tidak terlalu dalam, tentunya lebih cepat sembuh.

 

Hypertrophic atau Keloid Scar

Hypertrophy berarti pelebaran. Jarang ada bekas luka seperti ini yang tumbuh lebih besar di wajah.

 

Sekarang, kita sampai pada pertanyaan yang sudah kalian tunggu-tunggu: bagaimana cara menghilangkan bekas luka jerawat?

 

Bekas jerawat dapat diobati dengan langkah-langkah medis, seperti sub-filling, microneedling, PRP, CROSS TCA, filler injection, laser ablatif, atau laser fraksional. Namun pilihan tindakan biasanya disesuaikan dengan jenis bekas jerawat. Jadi ada baiknya kalian berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis kulit dan genital. 

 

Nah, mengobati luka bekas jerawat sendiri adalah satu hal, tetapi alangkah baiknya jika luka tersebut bisa dicegah. Jika ada jerawat yang muncul pada kulit wajah, pastikan kalian tidak menekan atau dengan paksa mengeluarkan isi jerawat, ya! Kalau kalian nggak sengaja melakukan hal tersebut, usahakan untuk sesegera mungkin mengobati jerawat.

 

Baca Juga: Perjalanan Spontan ke Penang dan Bangkok