5 Tips Dekorasi Apartemen Mungil yang Wajib Dicoba

Jul, 15-2022 meike
5 Tips Dekorasi Apartemen Mungil yang Wajib Dicoba

Artikel ini awalnya diterbitkan pada Mei 2021 di 247 COTTONINK Magazine.

 

Mendekorasi ruangan kecil seperti apartemen bisa jadi tricky kalau salah langkah. Bukannya menjadi nyaman dan ringkas, malah terasa sempit dan terlihat berantakan. Pada dasarnya, prinsip mendekorasi apartemen mungil adalah mencari keseimbangan antara fungsi dan desain yang nyaman. Terpenting lagi, utamakan furnitur yang memiliki daya guna tinggi, namun tetap memperhatikan nilai estetikanya.

 

Temui Ghani, pemilik akun Instagram @ga.apato, yang menyulap apartemen mungilnya dengan desain minimalis ala Jepang. Ghani juga menginspirasi #CottoninkTeam dalam memberikan tips yang bisa dipraktikkan untuk ruangan-ruangan di apartemen kalian.

 

Gunakan palet warna netral atau terang

Agar apartemen terlihat luas, pilih warna netral atau terang yang nyaman seperti putih, abu-abu terang, atau coklat kayu. Kalian bisa juga memasang wallpaper dengan pattern kayu agar ruangan mendapatkan nuansa rumah ala Jepang. Selain memberikan rasa tenang dan luas pada ruangan yang sempit, trik ini juga bisa menonjolkan warna perabot yang ada, lho!

 

Pilih perabot yang multifungsi

Kamu bisa memaksimalkan ruang apartemen mungilmu dengan memilih perabot multifungsi, lho! Dengan perabot multifungsi, kalian jadi bisa menghemat banyak ruang di apartemen. Contoh perabot multifungsi yang kami maksud antara lain sofa-bed, meja makan lipat atau meja makan gantung, dan tempat tidur dengan ruang penyimpanan di bagian bawahnya.

 

Tempat penyimpanan vertikal adalah sahabat baru

Saat mencari tempat penyimpanan untuk apartemen, pastikan untuk memilih yang memanjang ke atas atau vertikal. Tempat penyimpanan vertikal adalah solusi terbaik untuk menghemat ruang apartemen yang minim. Kalian bisa juga membangun rak-rak dinding untuk memaksimalkan dinding apartemen. Jangan lupa hias rak tersebut dengan dekorasi yang membuat ruang apartemen kalian semakin terasa homey, ya!

 

Pastikan ruangan mendapat pencahayaan natural yang baik

Seperti pada poin pertama, pencahayaan yang baik  bisa membantu memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Kalian bisa memasang gorden yang tidak terlalu tebal atau tidak pakai gorden sama sekali untuk memaksimalkan cahaya matahari yang masuk. Your call.

 

Rajinlah mengatur flow ruangan

Tips terakhir dan terpenting adalah rajin mengatur flow ruangan atau rutin meng-update dan menata ulang isi ruangan apartemen mungilmu. Kalian bisa lakukan ini dua kali dalam setahun. Evaluasi benda apa saja yang masih layak untuk disimpan dan mana yang harus disimpan atau didonasikan. Hal ini akan membuat kalian tidak mudah merasa bosan dengan ruangan kecil, dan merasa lebih nyaman saat meluangkan waktu lama di dalam apartemen.

 

Tinggal di apartemen itu praktis dan menyenangkan, namun akan lebih praktis lagi ketika kalian tahu bagaimana harus mendekorasi ruangan agar tetap nyaman dan terlihat luas secara visual. Selamat mencoba!