5 Akun Instagram Ramah Lingkungan yang Wajib Kalian Follow

Jun, 22-2022 meike
5 Akun Instagram Ramah Lingkungan yang Wajib Kalian Follow

Artikel ini awalnya diterbitkan pada Maret 2020 di 247 COTTONINK Magazine

 

Instagram dapat membuat kita melakukan sesuatu yang impulsif namun berguna seperti makan lebih sehat, membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan, membuat rencana untuk pergi ke suatu tempat, atau menertawakan meme lucu. Yang lebih mengesankan dari media sosial adalah orang-orang yang menggunakan pengaruhnya untuk menciptakan dampak positif bagi dunia. Mereka disebut influencer. Influencer dikenal memiliki tips dan trik insider yang lebih baik untuk mempengaruhi audiens dengan baik. 

 

Dari sekian banyak niche influencer, kali ini kami akan membahas influencer yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Mereka biasa disebut sebagai eco-conscious influencer. Mereka membangun ruang aman daring untuk berbagi cerita dan membawa kesadaran bagi komunitasnya untuk hidup yang lebih berkelanjutan. Di sini kami telah menyusun daftar lima akun Instagram ramah lingkungan favorit kami yang perlu Anda ketahui.

 

Kristina Carrillo-Bucaram @FullyRawKristina

Dia adalah pelopor yang konsumsi makanan yang sepenuhnya mentah. Artinya dia hanya makan buah-buahan, sayuran mentah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Misinya adalah untuk menjangkau orang-orang dengan pesan yang raw. Kebanyakan orang akan berpikir bahwa hidup dengan diet yang sepenuhnya mentah bisa jadi menakutkan, tetapi tips dan triknya di Instagram cukup mudah diikuti, dan tampak membuat proses beradaptasi bagi kita yang ingin mengikuti jejaknya terasa lebih mudah dan sehat.

 

Max La Manna @maxlamanna

Tips mengenai sustainable living dan memasak dengan zero waste akan mudah ditemui di halaman Instagram vegan chef satu ini. Dia sangat bersemangat tentang kehidupan keberlanjutan dan isu sampah, dan baru-baru ini juga merilis buku berjudul More Plants Less Waste. Di buku tersebut, ia mendemonstrasikan resep plant-based penuh warna dan tips mengenai memasak secara conscious. Setelah puas melihat akun Max, kalian akan perpikir dua kali, sih, kalau ingin menyisakan atau membuang bahan makanan.

 

Aja Barber @ajabarber

Seorang penulis, stylist, aktivis, dan konsultan. Bahasan konten media sosial Aja Barber berfokus pada ras, feminisme interseksional, dan fashion yang berkelanjutan. Baginya, feminisme interseksional dan industri fashion yang berkelanjutan memiliki korelasi yang kuat karena ketika kita peduli tentang segala hal yang terjadi di dalam ranah feminisme interseksional, kita secara otomatis juga harus menyadari siapa yang membuat pakaian kita. Kalau kalian membuka akun Instagram Aja, kalian tidak hanya akan menemukan styling tips dengan koleksi thrifted fashion-nya, tapi juga akan teredukasi soal kontribusi industri fashion terhadap perubahan iklim.

 

Nadya Hutagalung @nadyahutagalung

Sekarang kita beralih ke eco-consious influencer dari Indonesia. Nadya Yuti Hutagalung atau kita kenal dengan nama Nadya Hutagalung adalah salah satu dari pemilik lima akun Instagram favorit kami. Lebih banyak dikenal sebagai supermodel dan aktris, Nadya juga merupakan seorang pencinta lingkungan yang rajin dan secara konsisten menyuarakan pentingnya melestarikan lingkungan untuk generasi mendatang. Selain itu, ia juga seorang vegetarian dan seringkali berbagi pengalamannya memasak dan menikmati menu plant-based dalam sesi Nads Kitchen di akun Instagram-nya!

 

Nadine Chandrawinata @nadinelist

Yang terakhir tapi kita sudah tahu siapa dia: Nadine Chandrawinata, yang juga dikenal sebagai Miss Indonesia 2005. Dia juga seorang aktivis lingkungan yang rajin, sama seperti Nadya. Pada 2013, ia memprakarsai kampanye melawan konsumsi sirip hiu dan juga pelestarian habitat penyu. Kemudian pada tahun 2015, ia ikut mendirikan Seasoldier Foundation untuk menyebarkan kesadaran akan pentingnya melestarikan lingkungan. Nggak berhenti di situ, Nadine juga seorang penyelam bersertifikat, lho!