5 Aktivitas Me Time yang Menyenangkan di Tengah Kesibukan

Jan, 20-2023 sapto
5 Aktivitas Me Time yang Menyenangkan di Tengah Kesibukan

Di tengah aktivitas dan kesibukan yang padat, seringkali orang merasa burn out, akibatnya seseorang menjadi malas untuk melakukan kegiatan seperti biasanya. Cobalah mengambil cuti satu hari saja untuk luangkan waktu sejenak melakukan me time. Tidak hanya melepaskan penat saja, meluangkan sedikit waktu untuk sendirian juga bisa mengembalikan semangat yang hilang untuk kembali beraktivitas nantinya. Terkadang seseorang merasa bingung dengan apa yang harus dilakukan ketika punya waktu untuk diri sendiri dan tidak tahu harus berbuat apa. Padahal punya waktu untuk me time memiliki manfaat yang baik untuk mental maupun tubuh, seperti menurunkan tingkat stres, meningkatkan energi, menemukan kembali minat terhadap sesuatu serta memberikan pandangan lebih positif dalam menghadapi apa pun. Jika kamu menemukan artikel ini, maka beberapa tips ini bisa dicoba untuk dilakukan. So, let’s go!


 

Meditasi

Jika stres membuat Anda cemas, tegang, dan khawatir, cobalah untuk melakukan meditasi di rumah. Siapapun bisa berlatih meditasi karena terbilang cukup mudah dan tidak memerlukan peralatan khusus. Menghabiskan waktu beberapa menit untuk bermeditasi dapat membantu memulihkan ketenangan dan kedamaian batin. Selama meditasi, seseorang akan memusatkan perhatian dan menghilangkan aliran pikiran campur aduk yang mungkin memenuhi pikiran dan menyebabkan stres. Proses ini dapat meningkatkan kesehatan emosional. Jika kamu masih bingung memulai meditasi seperti apa, cara metode lengkapnya bisa dibaca pada artikel ini. Pilih posisi, tempat, serta outfit yang paling nyaman agar bisa berkonsentrasi dengan baik. Kamu bisa kenakan legging Off-White Nema serta kaus dengan fit oversized untuk memudahkan kamu melakukan teknik pernafasan seperti Green Alex.

 

Olahraga

Mengambil waktu cuti juga bisa menjadi kesempatan untuk mulai membiasakan diri melakukan pola hidup sehat. Dimulai dari hal-hal sederhana, yang penting niat dan dilakukan secara konsisten. Jika kamu baru memulai latihan kekuatan, kamu bisa mencari referensi melalui social media mengenai latihan kekuatan untuk pemula. Hal ini tentunya dapat membantu kamu mempelajari cara berbagai latihan kekuatan dengan benar. Olahraga tidak harus membosankan, ada banyak cara untuk membuatnya jadi menyenangkan. Kamu bisa berlari di sekitar rumah atau mengikuti beberapa video olahraga di YouTube.  Bagi kamu yang mulai rutin menjalani workout di rumah pastinya membutuhkan beberapa activewear yang nyaman digunakan. COTTONINK memiliki koleksi pakaian olahraga yang kece dan bisa kamu kenakan supaya semakin semangat workout-nya! Cek koleksi activewear lainnya di sini.
 

Baca Buku

Kamu bisa menikmati waktu me time dengan membaca buku, baik dilakukan di rumah, kafe, maupun perpustakaan. Membaca buku punya efek bagus untuk kesehatan fisik, mental, dan memperkuat pikiran. Kegiatan membaca buku akan melatih otak, membangun lebih banyak kosa kata, menurunkan stres dan juga meningkatkan imajinasi. Apakah kamu lebih suka fiksi atau non-fiksi? Coba mulailah membeli beberapa buku untuk dirimu sendiri dan mulailah membaca lebih banyak buku. Jika kamu bukan tipe orang yang suka koleksi buku, cara mudahnya adalah dengan mengunjungi perpustakaan dekat rumah dan meminjamnya. Banyak perpustakaan menarik di Jakarta yang patut kamu kunjungi, seperti Perpusnas RI, Perpustakaan Taman Ismail Marzuki, Perpustakaan Goethe Institut, Perpustakaan Erasmus Huis, dan Perpustakaan Kemendikbud. Jangan lupa untuk mengenakan outfit yang nyaman jika berkunjung ke perpustakaan, seperti perpaduan Peach Gingham Grylis dan Navy Sevrin.

 

Bercocok Tanam

Menikmati waktu di rumah tanpa perlu menghabiskan waktu berjam-jam ke kantor, artinya kamu akan punya cukup banyak waktu di pagi hari. Kamu bisa manfaatkan waktumu untuk bercocok tanam maupun mendekorasi ulang tamanmu yang sudah dipenuhi oleh rumput liar. Di lahan yang terbatas, kamu bisa mulai mencoba untuk menanam bahan pangan yang nantinya hasilnya bisa kamu panen sendiri. Jika kamu malas menunggu dan merawat sedari benih, alternatifnya adalah kamu bisa membeli tanaman jadi untuk kamu rawat. Selain menghadirkan suasana rindang dan sejuk, memiliki tanaman di rumah sangat bagus untuk membantu mood kamu menjadi positif. Kenakan pakaian ternyaman saat bercocok tanam seperti kombinasi celana pendek Cream Liz dan atasan Taupe Stege.

 

Buat Itinerary Liburan

Jika semua hal di atas sudah dicoba untuk menikmati waktu me time, mungkin saatnya kamu mulai merencanakan liburan dan membuat itinerary. Kamu bisa mengawalinya dengan menonton video travel dari influencer ternama, cek tempat menarik di media sosial, maupun membaca buku panduan destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Jangan lupa juga untuk merencanakan keuanganmu untuk biaya liburanmu nanti. Keuntungan saat kamu menyusun itinerary untuk liburan diantaranya:

 

  • Riset tempat yang akan dikunjungi apakah tersedia di saat jadwal liburanmu atau tidak

  • Mengetahui jumlah pakaian yang akan dibawa sesuai situasi dan kondisi waktu liburan saat itu

  • Perjalanan dan waktu mengeksplor tempat menjadi terarah serta lebih banyak mencoba banyak hal baru

  • Itinerary berisi detail perjalanan dan mempersiapkan kamu untuk menyiapkan dokumen perjalanan saat check-in di bandara. Saat memeriksa rencana perjalanan, periksa kembali apakah kamu memiliki visa, paspor, reservasi hotel, sertifikat vaksin covid, atau dokumen penting lainnya untuk ditunjukkan saat check-in di bandara atau di imigrasi.

 

Selain menyiapkan itinerary, jangan lupa juga untuk menyiapkan outfit ternyaman saat liburan nanti. Kamu bisa cek koleksi pakaian yang cocok untuk liburan di website COTTONINK maupun offline store di beberapa mall seperti Senayan City, Kota Kasablanka, PIM 2, dan Summarecon Mall Serpong 2.

 

Baca Juga:

4 Kombinasi Warna Pakaian Bagi Para Shio Kelinci untuk Rayakan Imlek